Guttural Toad (Amietophrynus gutturalis)

Guru Science Henry Kavale suka pergi bersepeda di akhir pekan , dan saat mengayuh melalui rawa-rawa di Al Khor, dia melihat sesuatu melompat-lompat di semak tergenang air. Sebuah kodok .Di kesempatan lain ia melihat lebih dari satu kodok. Jadi akhir pekan lalu ia mengirim beberapa siswanya dari Al Khor International School untuk melihat apakah mereka bisa menangkap salah satu untuk identifikasi.

 Tidak butuh waktu lama, dalam beberapa menit Eugene (anak Henry) telah meangkap salah satu amfibi itu dan dibawa pulang untuk difoto .Ternyata amfibi itu merupakan spesies baru yang sampai sekarang belum tercatat : Katak Afrika atau Guttural Toad ( Amietophrynus gutturalis ) . Mudah dikenali dari garis punggung pucat .Spesies baru fauna sering kali muncul di Qatar - negara padang pasir ini sering memunculkan berbagai jenis satwa liar yang mengejutkan.

Hewan yang dapat beradaptasi dengan kondisi cuaca yang keras dan kurangnya air melakukannya dengan baik. Ini termasuk reptil , dan mamalia seperti rubah merah Arab, landak Ethiopia dan Jerboa Lesser kecil .Tapi kodok? Apa yang dilakukan makhluk yang memiliki kulit lembab dan harus menghabiskan sebagian besar hidupnya di air itu, di tempat yang sampai saat ini, tidak ada genangan air sama sekali?Sejak transformasi Qatar selama beberapa dekade terakhir dan pembentukan limbah laguna limbah besar , itu menjadi mungkin bagi amfibi untuk bertahan hidup , bahkan di musim panas terik ketika mereka mengubur diri jauh di dalam lumpur . Tetapi misterinya adalah bagaimana mereka tiba di sini?Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa ketika departemen zoologi di University of Qatar dibuka 40 tahun yang lalu beberapa kodok diimpor dari Mesir untuk diseksi di laboratorium . Entah bagaimana beberapa hewan berakhir di alam liar , dan katak Mesir ( Amietophrynus regularis ) sudah lama berada di Qatar, katak ini adalah salah satu penyanyi keras yang dapat didengar ketika matahari terbenam di salah satu laguna besar .

Ketika Lapangan Golf Doha dibuka , dengan danau dan kolam , itu adalah surga bagi katak! Tidak ada yang tahu bagaimana mereka sampai di sana , tapi dalam bulan pembukaan lapangan golf ada kodok banyak sekali, berenang di danau dan dengan tidak sengaja saling bertemu ketika rumput dipotong.
Seperti namanya , hewan baru diidentifikasi ditemukan di banyak negara Afrika .Ini adalah makhluk yang beradaptasi, mereka bisa hidup di mana-mana dari hutan untuk pertanian, padang rumput savana, dan rawa-rawa air tawar tentunya.Lingkungan yang sangat asin seperti rawa-rawa pesisir halohytic di Qatar bukan berada pada daftar
yang disukaiuntuk berhabitat. Namun rupanya mereka melakukannya dengan baik di sini. Jika seekor hewan bisa mentolerir kondisi ekstrim di Qatar, mereka akan menemukan ceruk untuk dirinya sendiri dan bertahan hidup.