Katak pohon bermata merah (Agalychnis callidryas)

Katak pohon bermata merah ( Agalychnis callidryas ) merupakan katak pohon asli dari daerah hutan hujan Neotropical di Amerika Tengah.

Seperti namanya, katak pohon bermata merah memiliki mata merah dengan pupil vertikal. Katak ini memiliki tubuh berwarna hijau cerah, dengan garis kuning dan biru bercorak vertikal di bagian sampingnya. Kakinya yang berselaput berwarna oranye atau merah . Kulit di bagian perut katak ini cukup lembut dan rapuh , sedangkan bagian belakang lebih tebal dan kasar. 

Katak pohon bermata merah memiliki tiga kelopak mata, dan bantalan lengket di jari kaki nya. Katak pohon dari genus Phyllomedusa ini adalah binatang arboreal, yang berarti mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka di atas pohon, mereka adalah pelompat yang ulung.

Katak pohon bermata merah tidak beracun dan mereka bergantung pada kemampuan berkamuflase untuk melindungi diri.  
Pada siang hari, katak ini tidak banyak bergerak, mereka menutupi sisi biru dengan kaki belakang mereka, menyelipkan kaki mereka yang berwarna cerah di bawah perut, dan menutup mata merah mereka. Dengan demikian, mereka akan terlihat hampir sepenuhnya berwarna hijau , sehingga mereka bisa tersembunyi dengan baik di antara dedaunan.

Banyak ilmuwan percaya bahwa katak pohon bermata merah menggunakan mata mereka yang berwarna merah cerah untuk mengejutkan para predator sehingga mereka akan berpikir dua kali untuk menjadikan katak ini sebagai makanan.

Meskipun Katak pohon bermata merah tidak terancam punah. Tapi habitatnya terus menyusut pada tingkat yang mengkhawatirkan, dan citra meraka yang sangat mudah dikenali membuat meraka sering digunakan untuk mempromosikan penyelamatan hutan hujan dunia. 

S. wikipedia, national geographic